Apa yg ada dibenak kita saat mengetahui jembatan kaca itu ada ? Ngeri, merinding, gokil atau bikin ngilu ? "Brave Man’s Bridge” adalah jembatan kaca sepanjang 180 meter yang berada di wilayah Provinsi Hunan, China.



Yg bikin ngilu jembatanya apa modelnya ?



Haohan Qiao, adalah nama jembatan tersebut dalam bahasa China. Haohan Qiao merupakan jembatan terbaru dalam serangkaian atraksi lantai kaca setebal 24 milimeter dan merupakan jembatan kaca pertama di dunia.



Penampilannya memang cukup menguras kelenjar adrenalin karena tampak bikin ngilu tulang, tapi perancangnya mengatakan bahwa jembatan di Shiniuzhai National Geological Park ini kuat dan aman. Setiap panel kaca memiliki ketebalan 24 milimeter dan 25 kali lebih kuat dari pada kaca biasa.

“ Jembatan yang dibangun ini akan berdiri teguh bahkan jika wisatawan melompat di atasnya,” ujar seorang pekerja yang terlibat dalam pembangunan jembatan kaca ini kepada China News Service.

Awalnya Haohan Qiao merupakan jembatan kayu sebelum pengelola taman menggantinya dgn sebagian kecil kaca di tahun 2014 lalu. Pengelola kemudian memutuskan untuk meningkatkan sensasi dengan merenovasi seluruh jembatan layang ini pada awal tahun 2015. Jembatan gantung ini akhirnya menjadi jembatan kaca yang pertama di China dan juga pertama di dunia.

Hunan juga berencana membuka jembatan kaca
lainnya akhir tahun di daerah Zhangjiajie Grand
Canyon
yang terletak sekitar 300 kilometer (186 mil) di sebelah barat laut Shiniuzhai. Jika selesai nanti, struktur Zhangjiajie akan menjadi jembatan kaca tertinggi dan terpanjang di dunia dengan panjang 430 meter dan tinggi 300 meter.