A I U E O

Sungguh besar jasa dari sosok ilmuwan penemu angka 0 sampai 9. Bayangkan saja jika angka angka itu tidak tercipta, matematika hanyalah sebuah mitos. Apa kata dunia ?

Angka adalah salah satu pokok penting selain abjad alfabet untuk menunjang sebuah pengetahuan yg ada di dunia, terutama manusia. Tapi siapa sosok dibalik terciptanya angka ?.

Sebelum itu, mari kita ketahui sejarah tentang awal mula terciptanya angka.



Sejarah terciptanya angka 1 - 9

Dulu, sebelum angka berbentuk seperti yg sekarang ini, penduduk India telah mengenal angka 1,2,3,4,5,6,7,8,9. Lalu pada masa- masa berikutnya, orang India mengajarkannya kepada orang-orang Persia yang ada di India, dan setelahnya orang-orang Persia membawa ilmu tersebut ke tanah airnya. Kemudian mereka mengajarkannya kepada orang- orang Arab. Orang-orang arab mulai mengenal angka-angka tersebut, pada masa selanjutnya angka-angka tersebut kemudian dikembangkan oleh Kebudayaan Islam yg ada di Baghdad sehingga angka 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9 lebih dikenal sebagai angka hindu-arab dan terkadang hanya disebut sebagai angka arab. Lalu, penemu angka 0 siapa ? Angka 0 pada masa itu belumlah tercipta dan ilmuwan yg telah menemukan angka 0 adalah Al-Khawarizmi.

Ya, beliau adalah penemu angka 0 pada jaman itu. Al-Khawarizmi ialah salah satu intelektual muslim yang mahir dan terkemuka, menyumbangkan karyanya di bidang matematika, geometri, musik dan sejarah. Bukan hanya itu saja, beliau juga merupakan ilmuwan astronomi sekaligus ilmu bumi. Jasa beliau sangat besar dalam mendirikan pondasi matematika modern yang kita lihat saat ini dan juga termasuk pengembang ilmu geometri dengan angka-angka untuk persamaan kuadrat. Al-Khawarizmi, penemu angka “penting” di dunia ini.

al-khawarizmi



Perkembangan bentuk angka

Berbeda dengan bentuk angka yang sekarang ini kita tahu. Jika kita berbicara angka romawi yang menggunakan bentuk I II III IV V… dst, kita tidak akan pernah menemukan angka 0 di dalamnya. Oleh karena itu, kita akan langsung saja membahas menurut angka arab- pengembangan ilmuwan muslim - modifikasi terkini. Angka arab yaitu angka 0-9. Nyatanya, angka-angka zaman sekarang ini merupakan modifikasi dari angka arab yang didasarkan atas perhitungan sudut, coba gambar di bawah ini.

Sudut angka

Penjelasan : Angka 0 tidak mempunyai sudut, angka 1 mempunyai satu sudut, angka 2 mempunyai 2 sudut, dan seterusnya. Dan pada sekitar abad ke 9 masehi, angka-angka itu mulai diperkenalkan ke dunia Eropa oleh Ilmuwan muslim melalui afrika utara dan wilayah-wilayah lainnya. Dan tentu saja, digunakan hingga sekarang walaupun bentuknya sedikit dimodifikasi dari aslinya.

Sungguh luar biasa tokoh tokoh tersebut yg telah menciptakan sebuah penalaran bagi umat manusia. Apa kamu ingin membagikan artikel ini ?